SD ISLAM MA'ARIF ASWAJA Balongpanggang Gresik

Selasa, 06 Desember 2011

MANUSIA

    Dalam diri manusia ada empat komponen yang nantinya akan menentukan siapa, bagaimana, dan seperti apa manusia tersebut. yang patut diketahui adalah, jarang sekali manusia yang memiliki empat komponen tersebut secara penuh. biasanya ada satu atau dua komponen yang kurang.

komponen pertama adalah fisik. fisik atau tubuh kita adalah komponen yang pasti ada dalam setiap manusia. ada manusia yang dilahirkan dengan fisik sempurna dan ada juga yang dilahirkan dengan fisik tidak sempurna. bagi yang sempurna pun ada yang berparas tanpan atau menawan ada pula yang berparas biasa atau mungkin kurang. rambut, bentuk hidung, bentuk wajah, lekuk tubuh dan sebagainya akan sangat menentukan bentuk fisik seseorang. komponen ini lebih merupakan "given" dari sang pencipta. mungkin kita bisa merubah komponen ini, tapi bisanya tidak akan jauh dari aslinya. fisik bisa juga dalam bentuk fisik yang kuat atau fisik yang sakit sakitan. kita sebagai manusia harus menjaga agar fisik kita tetap dalam kondisi yang terbaik meski kita tidak bisa mengubah penampilan kita.

komponen kedua adalah otak. otak disini dianalogikan dengan kecerdasan atau kepandaian seseorang. ada orang yang sangat cerdas dan ada orang yang mungkin bisa dikatakan bodoh. meski bodoh dan kecerdasan kadang bersifat relatif. berdasarkan beberapa penelitian, kecerdasan seseorang bisa ditingkatkan dengan belajar. mungkin yang tak bisa diubah adalah volume atau karakteristik otak kita. karena ini berhubungan dengan fisik. tapi proses yang ada di dalam otak bisa diperbaiki dengan pembelajaran.

komponen ketiga adalah lisan. lisan atau boleh saya katakan dengan komunikasi akan menentukan bagaimana seseorang akan berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain. komunikasi juga akan menentukan proses transfer ilmu atau pengetahuan dari seseorang kepada orang lain. banyak orang yang sangat baik dalam berkomunikasi. tapi tak jarang pula orang pandai yang gagal mengungkapkan idenya karena kurang dalam komunikasi. komponen komunikasi juga bisa dipelajari oleh seseorang.

komponen keempat adalah spiritual. saya lebih mengaitkan spiritual dengan agama atau keimanan seseorang. faktor ini akan sangat menentukan gerak dari faktor faktor lainnya. faktor ini merupakan faktor yang memberikan ruh kepada manusia dalam hidupnya. karena sangat pentingnya faktor ini maka tidak salah jika sebagai manusia harus mendorong faktor ini ke arah yang paling sempurna. sebagian besar kerusakan di muka bumi dilakukan oleh orang orang pintar yang tidak mempunya landasan spiritual yang bagus. sehingga semua tindakan mereka hanya didasarkan pada nafsu belaka.

kalo kita perhatikan orang di sekitar kita, kita akan menemukan begitu jarangnya orang yang mempunya keempat komponen tersebut secara sempurna. pasti ada yang kurang. itulah kodrat manusia. kita harus tahu bahwa setiap dari kita pasti ada kekurangan. coba lihat dan amati diri kita. berapa komponen yang kita punyai ? satu, dua, tiga, atua empat ?. selamat bagi anda yang mempunya empat komponen tersbut di atas secara sempurna.tapi sekali lagi orang yang mempunya semua komponen secara sempurna amatlah langka. sebagai besar dari kita hanya mempunya dua atau tiga dari komponen tersebut. dari sinilah kita bisa mengabil pelajaran agar kita bisa menerima kekurangan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar